Harga Kebutuhan Pokok Pekan ini di Seputaran Pasar Bireuen : Beras Rp.........Minyak Goreng Rp.......Gula Pasir Rp.........Cabe Merah Rp.........Bawang Merah Rp........Bawang Putih Rp...........

Jumat, 18 Juli 2014

Bireuen di Landa Kemarau Panjang, Petani Kewalahan

BIREUEN – Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bireuen dalam beberapa waktu terakhir menyebabkan hasil panen di kawasan itu menurun. Untuk sawah tadah hujan, produksi gabah diperkirakan turun hingga 30 persen dibanding musim tanam lalu. Sedangkan sawah yang memiliki irigasi teknis, hasil panen diperkirakan turun sekitar 10 persen.
Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Bireuen, Ir Alie Basyah kepada Serambi, Senin (31/3), menyebutkan, untuk sawah tadah hujan hasil panen normalnya adalah 5 ton per hekatare. Tapi, untuk musim tanam kali ini menurut laporan petugas di lapangan, hasil panennya hanya 3-4 ton/hektare. Sedangkan untuk sawah irigasi, hasil panen yang normal adalah 6-8/ton hektare. Tapi, tahun ini produksi gabah juga tak mencapai angka tersebut.
Menurut Alie Basyah, menurunnya hasil panen hendaknya menjadi bahan kajian semua pihak dalam menentukan langkah dan kebijakan pada musim tanam berikutnya. Langkah itu, antara lain perbaikan waduk alam dan jadwal tanam disesuaikan. “Bila ada anggaran, petani yang sawahnya dekat dengan sumber air diberi bantuan berupa pompa air atau sumur bor,” katanya
Sejumlah petani di kecamata Juli, Bireuen dua hari lalu mengatakan, hasil panen musim tanam kali ini menurun tajam karena  kemarau panjang  “Misalnya, untuk sawah yang luasnya 1.000 meter pada musim tanam tahun lalu hasilnya sekitar 200 kilogram. Namun, pada musim tanam kali ini hasil panennya hanya sekitar 100 kilogram,” kata Faisal, petani di Juli. “Hasil panen turun, sebagian petani terpaksa memotong tanaman padi untuk pakan ternak karena  kemarau ” timpal Mursal, petani di Gandapura.
Untuk diketahui, luas sawah tadah hujan yang terdata di Distan Bireuen mencapai 4.765 hektare tersebar di empat kecamatan. Dari jumlah itu, sekitar 2.500 hektare kering total. Sedangkan luas sawah irigasi yang ditanami musim tanam kali ini lebih dari 10 ribu hektare.



| Free Bussines? |

x

join to my fans at facebook