Harga Kebutuhan Pokok Pekan ini di Seputaran Pasar Bireuen : Beras Rp.........Minyak Goreng Rp.......Gula Pasir Rp.........Cabe Merah Rp.........Bawang Merah Rp........Bawang Putih Rp...........

Minggu, 20 Juli 2014

Padi Hibrida Harapan Baru Petani Bireuen

Bireuen. Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bireuen secara signifikan telah berhasil meningkatkan produksi padi dalam beberapa tahun ini. ini merupakan upaya petani dan pemerintah untuk mewujutkan Program Peningkatan Produksi Beras Nasional menuju surplus beras 10 juta ton beras tahun 2014 mendatang.


Upaya untuk mewujudkan pencapaian  program P2BN tersebut dibutuhkan beberapa dukungan teknis dan non teknis antara lain; Perluasan areal dan optimasi lahan, Peningkatan  produktivitas  di areal SL-PTT & non SL-PTT,  Bantuan alat  mesin  pertanian  dan  revitalisasi  penggilingan, Pengelolaan penyediaanbenih padi, Percepatan penganekaragaman  konsumsi  pangan. selain itu yang tak kalah penting adalah Pemberian  insentif  kepada petani, Antisipasi,  adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, Kerjasama dengan Kementerian  BUMN  dalam  mengembangkan food estate dan  program Gerakan Peningkatan produksi  Pangan  Berbasis Korporasi (GP3K) Gerakan missal peningkatan  produksi  beras nasional  menuju surplus 10  juta ton  beras tahun 2014.




Semenjak  Program SL-PTT diluncurkan di kabupaten ini petani diberikan bantuan berupa benih, pupuk dan Saprodi lainya. Bantuan ini diberikan kepadak Kelompok tani yang memenuhi syarat.  Dalam Program SL PTT benih yang diberikan adalah varietas DG.I, Bernas Prima, SL.8 SHS  karena varietas tersebut telah teruji beradaptasi dengan kondisi iklim local di kabupaten Bireuen. Padi jenis hibrida DG.I memberikan hasil yang sangat baik yaitu 13,65 ton GKP/ha pada panen musim lalu merupakan produksi tertinggi di Kabupaten Bireuen menurut yang pernah diambil ubinan oleh petugas BPS Kabupaten Bireuen.



Permintaan Padi Hibrida selain yang tersebut diatas Petani Juga banyak mecari Padi Vareitas Lokal berupa BSM, Sertani dan B3. Varietas Padi tersebut Juga Mampu berproduksi tidak kalah dengan Varietas Padi Hibrida lainya (@bu)


Sumber : BP3K Peusangan 

| Free Bussines? |

x

join to my fans at facebook