Harga Kebutuhan Pokok Pekan ini di Seputaran Pasar Bireuen : Beras Rp.........Minyak Goreng Rp.......Gula Pasir Rp.........Cabe Merah Rp.........Bawang Merah Rp........Bawang Putih Rp...........

Selasa, 22 Juli 2014

MENINGKATKAN PRODUKSI PADI DENGAN KOMPOS JERAMI TRICODERMA

Saat ini usaha tani padi sawah mengalami masa – masa yang sulit, terutama dalam hal biaya produksi yang semakin meningkat dalam suatu hektarnya, kenaikan biaya produksi ini tidak berbanding lurus dengan hasil produksi yang cendrung tetap atau bahkan menurun.
Kenaikan harga beras juga tidak membantu perbaikan nasib petani. Beberapa hal yang berpengaruh dalam produksi tani ini antara lain:
Biaya Produksi tinggi karena naiknya harga pupuk kimia bersubsidi. Tingginya harga seringkali membuat petani tidak mampu membeli pupuk dalam jumlah cukup yang seharusnya digunakan.
  • Pupuk tidak selalu tersedia tepat waktu
  • Masih tingginya biaya angkut dari lokasi pupuk ke lokasi petani
  • Akumulasi penggunaan pupuk kimia dari tahun ke tahun semakin merusak tanah dan menurunkan hasil produksi.
Kondisi ini perlu diaperbaiki, perlu dicarikan solusi agar pupuk tidak lagi mahal, agar pupuk tersedia tepat waktu, agar pupuk tidak harus di angkut dari tempat yang jauh dari sawah, agar kondisi tanah bias diperbaiki dan produknya ramah lingkungan
Jawabanya ada pada penggunaan pupuk kompos organik yang dibuat dari jerami padi dan menggunakan decomposer jamur tricoderma (Kompos Jerami Tricoderma). Tricoderma adalah jamur yang terdapat di alam, jamur ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman. Salah manfaat jamur ini adalah dapat mendokomposisi jerami padi menjadi kompos siap pakai. Manfaat lanjutan yang bias diperoleh dari penggunaan kompos jerami tricoderma antara lain :
  1. Hasil panen meningkat sekitar 30 hingga 40 persen per hektar tanaman padi sesuai dengan hasil uji coba di beberapa tempat.
  2. Biaya produksi, khusunya pupuk menjadi rendah karena pupuk kompor sudah dapat di oleh petani langsung.
  3. Pupuk kompos tricoderma dapat tersedia tepat waktu karena dapat dibuat sendiri oleh petani sehingga dapat mengatasi kelangkaan pupuk kimia.yan
  4. Tricoderma adalah jamur yang bersifat antagonis terhadap jamur lain yang merugikan yakni jamur – jamur penyakit tular tanah yang biasa menyerang tanaman.
  5. Ramah lingkungan karena bahan baku utamanya adalah jarami padi sehingga akan mengurangi pembakaran jerami di lahan sehingga gangguan asap akan sangat berkurang;
  6. Tanah semakin subur karena bahan organik kembali ketanah, menghindarkan tanah dari pecah – pecah karena kekeringan sebab bahan organic dapat mengikat air dalam tanah;
  7. Kompos jerami tricoderma mengandung unsur nitrogen dan kalium yang tinggi sehingga dapat mengatasi ganggung karat besi pada tanaman.
Tanaman yang dapt diberikan kompos  jerami tricoderma tidak terbatas pada padi saja, tetapi dapat juga digunakan pada tanaman lainya seperti sayuran, buah – buahan dan tanaman perkebunan seperti kakao, karet dll. Untuk penggunaan pada non padi  dalam pemuatan kompos tricoderma bahan jerami di ganti dengan pupuk kandang, baik kotoran sapid an kotoran ayam. 

| Free Bussines? |

x

join to my fans at facebook