Harga Kebutuhan Pokok Pekan ini di Seputaran Pasar Bireuen : Beras Rp.........Minyak Goreng Rp.......Gula Pasir Rp.........Cabe Merah Rp.........Bawang Merah Rp........Bawang Putih Rp...........

Kamis, 24 Juli 2014

Cara Memperbanyak Jamur Trichoderma, SP Skala Petani

Potensi jamur Trichoderma, SP sebagai agensi pengendali hayati sudah tidak terbantahkan. Beberapa penyakit tanaman sudah dapat dikendalikan dengan aplikasi jamur Trichoderma, SP diantara adalah busuk pangkal batang pada tanaman panili yang disebabka oleh jamur Fusarium, SP Jamur Akar Putih (JAP) yang menyerang tanaman tanaman lada dan karet dan beberapa penyakit terbawa tanah (soil borne) lainya.
Potensi jamur Trichoderma sebagai jamur antogonis yang bersifat preventif terhadap serangan penyakit tanaman telah menjadikan jamur tersebut semakin luas  digunakan oleh petani daalam usaha pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (OPT). disamping karakternya sebagai antagonis diketahui pula bahwa Trichoderma, SP Juga berfungsi sebagai decomposer dalam pembuata pupuk organik. Aplikasi jamur Trichoderma pada pembibitan tanaman guna mengantisipasi serangan OPT sedini mungkin membuktikan bahwa tingkat kesadaran petani akan arti penting perlindungan preventif perlahan telah tumbuh.
            Penggunaan jamur Trichoderma secara luas dalam usaha pengendalian OPT perlu disebarluaskan lebih lanjut agar petani – petani Idonesia dapat memproduksi jamur Trichoderma secara mandiri. Diharapkan setelah mengetahui langkah – langkah perbanyakan massal jamur Trichoderma, petani dapat mempraktekkan dan mengaplikasikannya.
            Berikut dijelaskan langkah – langkah perbanyak massal jamur Trichoderma yang dengan mudah dilakukan oleh petani.
Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk perbanyak massal jamur Trichoderma adalah :
Alat :
1.      Dandang Sabluk
2.      Kompor Gas/ Kompor Minyak
3.      Bak Plastik
4.      Plastik Meteran (Dijual dalam bentuk lembaran)
5.      Entong Kayu

Bahan :
1.      Sekam
2.      Bekatul (dedak)
3.      Air
4.      Alkohol 96 %
5.      Isolat (bibit) Jamur Trichoderma

Cara Perbanyak Trichoderma
1.      Campurkan media (sekam dan Bekatul) dengan perbandingan 1 : 3 dalam bak plastic.
2.      Berikan air kedalam media tersebut kemudian aduk sampai rata.
3.      Tambahkan air sampai kelembaban media mencapai 70 % (dapat di cek dengan meremas media tersebut,  tidak ada air yang menetes namun media menggumpal)
4.      Masukkan media kedalam kantong plastik.
5.      Siapkan dandang sabluk untuk menyeteril media
6.      Isi dandang sabluk dengan air sebanyak 1/3 volume dandang.
7.      Masukkan media kedalam dandang sabluk.
8.      Sterilkan media dengan menggunakan dandang sabluk selama 1 (satu) jam setelah air mendidih sterilisasi diulang 2 (dua) kali, setelah media dingin sterilkan kembali media selama 1  jam. Sterilisasi bertingkat ini bertujuan untuk membunuh mikroorganisme yang masih dapat bertahan pada proses sterilisasi pertama.
9.      Tiriskan media didalam ruangan yang lantainya telah beralas plastik. Sebelum digunakan semprot alas plastik menggunakan alcohol 96 %.
10.  Ratakan permukaan media dengan ketebalan 1 – 5 cm.
11.  Semprot media dengan suspensi jamur Trichodema (Isolat jamur Trichoderma yang telah dilarutkan kedalam air, 1 (satu) isolat dilarutkan dengan 500 ml air.
12.  Tutup dengan plastik lalu inkubasikan selama 7 (tujuh) hari. Ruangan inkubasi diusahakan minim cahaya, dengan suhu ruangan berkisar 25 – 27 derjat Celsius.
13.  Amati pertumbuhan jamur Trichoderma, jamur sudah dapat dipanen setelah seluruh permukaan media telah ditumbuhi jamur Trichoderma, (koloni jamur berwarna hijau)




| Free Bussines? |

x

join to my fans at facebook