Harga Kebutuhan Pokok Pekan ini di Seputaran Pasar Bireuen : Beras Rp.........Minyak Goreng Rp.......Gula Pasir Rp.........Cabe Merah Rp.........Bawang Merah Rp........Bawang Putih Rp...........

Minggu, 01 April 2012

Hujan Datang Petani Panen Padi dalam genangan air.


Hujan dalam beberapa hari yang lalu telah menyebakan 60 Ha Lahan Padi sawah yang siap panen rendam banjir, petanipun terpaksa memanen padi dalam genangan banjir, sejumlah petani di kecamatan juli, sebagian kota juang dan sebagian kecamatan kuala terpaksa memanen padi lebih awal sebelum padi benar – benar matang untuk dipanen, hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian yang lebih besar.
Di desa Cot Keumude dan Desa Kareung Kecamatan Kuala petani terpaksa memanen padi menggunakan perahu sampan demikian dijelaskan oleh Tamizi petani di desa Kareung Kecamatan Kuala.
Produksi padi pada musim Gadu kali ini diperkirakan akan menurun drastis akibat musibah banjir  yang melanda kabupaten bireuen. Disamping produksi yang menurun petani juga dirugikan oleh harga gabah yang turun, harga Beli Gabah Kering Giling  tingkat petani oleh pedangan pengumpul turun dari harga sebelumnya Rp. 4.000 s/d 4.150/Kg menjadi 3.000 s/d 3.500/Kg, kami terpaksa membeli harga padi di bawah harga standar dikarenakan kualitas padi yang menurun demikian penjelasan Iskandar Pedagang Pengumpul di kecamatan kuala.
Seharusnya pada saat seperti inilah pemerintah harus turun tangan khususnya melalui Perum BULOG untuk dapat menampung gabah petani, pemerintah jangan hanya bisa bagi benih saja tetapi haru bisa juga mengatasi masalah petani dalam peningkatan harga jual gabah demikian ungkapan Muhammad Petani di Kecamatan Kota Juang…..(Arsyadi)


| Free Bussines? |

x

join to my fans at facebook